Bg

Berita

Pascasarjana selenggarakan “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Perpustakaan dan Penelusuran Referensi”

3 November 2023

Jumat (3/11) bertempat di Aula lantai 2 Gedung A Kampus Pascasarjana, Perpustakaan Pascasarjana menyelenggarakan acara “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Perpustakaan dan Penelusuran Referensi” bagi mahasiswa semester 1 baik S2 maupun S3. Kepala Perpustakaan Pascasarjana UIN Raden Mas Said Bapak Erland Cahyo Saputro, S.Sos., M.Hum., menjadi pemateri yang pertama. Selain itu, hadir pula narasumber tamu yaitu Bapak Haryanto, S.IP, M.IP selaku pustakawan muda dari Universitas Sebelas Maret. Acara yang pertama adalah sambutan dari Direktur Pascasarjana yang baru, Prof. Dr. Islah, M.Ag. Beliau menekankan bahwa untuk memperluas pengetahuan atau menambah literasi pada zaman ini jauh lebih mudah karena adanya internet dan teknologi. Kemudahan mencari bahan penulisan tesis dan disertasi yang luas saat ini didukung dengan adanya aplikasi mobile yang dapat didownload di gadget masing-masing. Hal ini jauh berbeda dengan zaman dahulu dimana mahasiswa harus datang langsung ke perpustakaan mencari buku yang sangat tebal dan jumlahnya sedikit. Hal ini harus menjadi motivasi mahasiswa semester satu untuk lebih giat membaca dan bisa menyelesaikan tugas akhir tepat waktu.

Setelah sambutan dan pembukaan acara oleh Direktur Pascasarjana, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang pertama oleh Bapak Erland Cahyo Saputro, S.Sos., M.Hum. Beliau menjelaskan tentang pentingnya literasi bagi mahasiswa pascasarjana dalam penulisan karya ilmiah maupun untuk mencari bahan dalam penyusunan tesis dan disertasi. Banyak sekali koleksi buku di perpustakaan pascasarjana yang dapat dibaca oleh mahasiswa baik secara offline (datang langsung ke perpustakaan) maupun secara online. Berbagai kegiatan pelayanan di perpustakaan yaitu: layanan pembaca, layanan sirkulasi, layanan pengecekan plagiasi, literasi perpustakaan bagi mahasiswa, dan pelayanan bebas pustaka sebagai syarat kelulusan. Dengan adanya layanan perpustakaan online diharapkan bisa memudahkan mahasiswa dalam melakukan penelusuran referensi tugas akhir, sehingga dapat memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikannya.

Sesi kedua yaitu penyampaian materi oleh Bapak Haryanto, S.IP, M.IP yang juga sedang menempuh studi S3 di Pascasarjana UIN Raden Mas Said. Beliau menekankan pada poin bagaimana cara yang tepat dan mudah dalam melakukan penelusuran referensi saat menyusun tugas akhir. Beliau berpesan kepada para peserta, apabila ingin lulus tepat waktu haruslah membutuhkan strategi. Misalnya, tetap mempertahankan pertemuan dengan teman kelas minimal seminggu sekali dan juga menggunakan segala sumber daya yang ada salah satunya strategi penelusuran referensi.

Sesi ditutup dengan tanya jawab yang dimoderatori oleh Ibu Indah Nurhidayati, M.PdI.