Bg

Berita

Asesmen Lapangan Akreditasi Magister Manajemen Bisnis Syariah Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta

11 Mei 2023

Pascasarjana-Program Studi Magister (S2) Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta menjalani visitasi akreditasi secara online dari BAN-PT melalui dua perwakilan asesor yakni Prof. Dr. Azhari Akmal Tarigan dari UIN Sumatera Utara Medan dan Dr. Ahmad Syarif Iskandar, MM dari IAIN Palopo. Visitasi online ini disambut oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, serta segenap pengurus dan dosen di Program Studi Magister Manajemen Bisnis Syariah. Kegiatan visitasi akreditasi secara online dari BAN-PT ini berlangsung selama 2 hari (10-11 Mei 2023).

Asesmen secara daring ini meliputi proses pengecekan dokumen LKPS (Laporan Kinerja Program Studi), LED (Laporan Evaluasi Diri), data dan proses SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) dengan melibatkan beberapa pihak dalam pelaksanaannya seperti dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan/ stakeholder.

Demi memudahkan koordinasi dan alur komunikasi, pimpinan pascasarjana, program studi, tim penyusun borang pengelola, tim penyusun borang program studi, beberapa dosen, dan beberapa mahasiswa yang terlibat disediakan ruang khusus di Aula Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta untuk mengakses Zoom.

Asesmen Lapangan secara daring ini dimulai dengan konfirmasi borang unit pengelola (pascasarjana) dan pihak yang terlibat adalah tim penyusun borang pengelola. Sesi selanjutnya konfirmasi terkait pelaksanaan SPMI, pengecekan dokumen dan instrumen penjaminan mutu. Berikutnya, sesi konfirmasi prodi dipimpin oleh Ketua Program Studi Dr. Fitri Wulandari, M.Si  dilanjutkan dengan wawancara bersama mahasiswa, alumni, tendik, dan pengguna .

Setelah asessmen lapangan secara daring pada hari pertama, asesmen kedua asesor melihat fasilitas-fasilitas yang tersedia seperti mess mahasiswa maupun perpustakaan, akses komputer dan internet untuk mendukung referensi-referensi perkuliahan secara virtual atau melalui video dan foto. Asesmen dilanjutkan dan asesor memberikan review dan berita acara terkait dengan asessmen lapangan. Diharapkan proses asesmen lapangan ini memberikan nilai yang terbaik serta memberikan pelayanan yang memuaskan kepada mahasiswa.