Bg

Berita

Kuliah Dosen Tamu Prodi S2 MBS “CSR dan Kaitannya dengan Pengelolaan SDM dan Sustainable HRM”

23 Oktober 2023

Sabtu (14/10), Program Studi S2 Manajemen Bisnis Syariah Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta kembali mengadakan webinar kuliah dosen tamu bertema “CSR dan Kaitannya dengan Pengelolaan SDM dan Sustainable HRM”. Narasumber kali ini adalah Muhammad Abassi Ali Bilhadj, S.I.Kom. seorang Officer I CSR PT Pertamina (Persero). Selain itu, ada juga Ibu Rina Hastuti, S.E, M.M, Ph.D selaku narasumber kedua. Beliau adalah asisten profesor di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah UIN Raden Mas Said. Kegiatan perkuliahan ini dihadiri juga oleh Kaprodi S2 MBS yaitu Ibu Fitri Wulandari, M. Si. dan kembali dimoderatori oleh Hanifah Elsandi, S.E yang merupakan Consultant Analyst IBM. Kuliah ini dihadiri oleh ratusan peserta mahasiswa pascasarjana dan dari unsur-unsur di luar Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta.

Sesi kuliah pertama oleh Muhammad Abassi Ali Bilhadj, S.I.Kom. membahas tentang bagaimana cara seserang agar bisa menemukan dan mengembangkan skill yang ada pada dirinya sendiri agar bisa menjadi versi yang terbaik sehingga bisa menunjang pekerjaan dan karirnya. Beliau juga banyak memberi informasi tentang bagaimana cara agar kita bisa melanjutkan karir di perusahaan BUMN seperti PT Pertamina (Persero). Hal yang terpenting adalah bagaimana kita membentuk mental yang kuat.

Sesi selanjutnya yaitu membahas tentang bagaimana memanajemen sumber daya manusia secara sustainable (berkelanjutan) oleh Ibu Rina Hastuti, S.E, M.M, Ph.D. Beliau menjelaskan ada beberapa tipe sustainable HRM yaitu Socially Responsible HRM, Green HRM, Triple Bottom Line HRM, dan Common Good HRM. Terdapat pula beberapa dimensi dalam sustainable HRM yaitu leadership, environmental, tension and paradoxes, dan social. Kegiatan webinar ditutup dengan sesi tanya jawab dengan narasumber.